Teks Negosiasi : Negosiasi Antara Wirausahawan dan Pemilik Toko Oleh-Oleh (Yuana D.W))

21.08 0 Comments

Teks Negosiasi :

Negosiasi Antara Wirausahawan dan Pemilik Toko Oleh-Oleh

Pada suatu hari wirausahawan muda yang bergerak di bidang makanan yang mengolah bagian dari pohon pisang akan menawarkan hasil produksi rumahannya  tersebut ke sebuah toko oleh-oleh khas daerah tersebut, dan berniat akan menawaarkannya sendiri langsung ke pemilik tokonya.


1.     Pak Hari        :”Selamat Siang pak.”
2.     Pak Nur         :”Selamat siang, mari silahkan duduk.”
3.   Pak Hari        :”Terimakasih, kedatangan saya kesini ingin menawarkan hasil produksi              rumahan saya yang mengolaj bagian ddari pohon pisang kepada bapak.”
4.   Pak Nur         “Apa saja yang diproduksi oleh bapak?”
5.   Pak hari         :”Saya memproduksi keripik pisang 3 rasa, rasa coklat,keju,dan original. Saya juga memproduksi keripik jantung pisang pedas, yang mungkin selama ini jantung pisang kurag diminati oleh semua orang.”
6.   Pak Nur         :”Apa rasanya enak pak?”
7.     Pak Hari        :”Saya yakin rasanya enak, dan pas dengan lidah semua orang,  semua keripik bisa tahan paling lama 3 bulan.”
( pak hari menyodorkan sampel keripik pisang 3 rasa dan keripik jantung pisang pedas)
8.     Pak Nur         :”Iya, rasanya enak. Apa lagi keripik jantung pisangnya, bagi saya ini unik dan enak. Saya ingin memesan 2 lusin keripik pisang 3 rasa dan 4 lusin keripik jantung pisang pedas, bisa pak?
9.     Pak Hari        “Bisa pak, kebetulan saya membawa banyak di mobil. Saya ambilkan dahulu.”
( Paak hari mengambil barang yang dipesan, dan di bawanya ke dalam kantor)
10.                         Pak Nur        :” jadi semuanya berapa pak?”
11.                         Pak Hari       :” untuk 4 lusin keripik jantung pisang  Rp.384.000 dan 2 lusin keripik pisang 3 rasa Rp.192.000 , jadi semuanya Rp.576.000,-.”
12.                         Pak Nur        :” Apa tidak ada potongan pak?”
13.                         Pak Hari       :” ya Rp.570.000,- aja pak.”
14.                         Pak Nur        :”Rp.550.000,- ya pak, jika barang olahan ini laku besar, saya akan memesan lebih banyak kepada bapak.”
15.                         Pak Hari       :” yasudah pak, boleh. Hitung hitung sebagai pokok awal penjualan saya.”
16.                         Pak Nur        :” ini pak uangnya.”
( pak nur memberikan uang kepada pak hari)
17.                         Pak Hari       :” Terimaasih pak, semoga hasil produksi saya laris dengan cepat.”
18.                         Pak Nur        :” iya pak sama-sama.”
19.                         Pak Hari       :” Saya permisi dulu pak, selamat siang.”
20.                         Pak Nur        :’’Selamat siang.”
( Mereka bersalaman dan Pak Hari meninggalkan Pak Nur)

Pak Hari meninggalkan Toko Oleh-Oleh Pak Nur dengan mengendarai mobil  dan akan memasarkan barang produksi rumahannya tersebut ketoko-toko lainnya.

STRUKTUR :
1.     Orientasi       : nomor 1-7
2.     Permintaan  : nomor 8
3.     Pemenuhan : nomor 9-10
4.     Penawaran  : nomor 11-13
5.     Persetujuan : nomor 14-15
6.     Pembelian    : nomor 16

7.     Penutup        : nomor 17-20

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: