Teks Deskripsi Lebah (Dika P.)

06.24 2 Comments

Teks Deskripsi
LEBAH
PERNYATAAN YANG DI DESKRIPSIKAN
·         Deskripsi Singkat Tentang Lebah

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena suka hidup berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku/familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput).lebah juga dapat dibudidayakan, kebanyakan lebah yang dibudidayakan adalah pis dorsata, Apis Laboriosa, Apis Mellifera, Apis Florea, Apis Andreniformis, Apis Cerana dan Apis Koschevnikovi, mayoritas adalah lebah yang menguntungkan bagi manusia dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi terutama pada madunya. Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.
BAGIAN YANG DI DESKRIPSIKAN
·      Cara Hidup dan Pembagian Koloni dan Tugas Lebah
Lebah adalah serangga sosial yang hidup secara berkoloni. Di dalam satu koloni terdiri dari ratu lebah, lebah pekerja , dan lebah jantan. Ketiga macam lebah ini dapat dibedakan satu dengan yang lainnya dari ukuran , rupa, warna, dan tingkah laku
Pada koloni lebah A. Mellifera dalam satu koloni ditemukan 80 ribu lebah pekerja, sedangkan pada A. Cerana 20-40 ribu dengan seekor ratu dan beberapa ratus lebah jantan. Ratu pada lebah adalah betina yang menghasilkan telur. Ratu pada lebah hanya berjumlah satu ekor lebah. Dapat kawin satu kali dengan beberapa jantan pada umur lebih kuran 23 hari setelah diletakkan, lebah ratu ini dapat hidup sampai dengan umur 4-6 tahun. Lebah jantan bertugas mengawini ratu Lebah jantan merupakan lebah hasil perkawinan (sehingga diploid) yang diberi makanan nektar dan madu biasa (bukan “royal jelly”). Lebah jantan mempunyai sifat fisik yang lebih kecil dari ratu lebah tetapi lebih besar dari lebah pekerja. Ciri yang menonjol adalah matanya yang besar. Mata itu terdiri dari faset yang lebih banyak dari pada faset pada mata lebah pekerja dan ratu lebah.lebah jantan berjumlah sekitar 200-an ekor tiap koloninya, setelah mengawini ratu setelah berumur lebih kuran 38 hari maka jantan tersebut akan mati. Lebah pekerja merupakan lebah yang bekerja sebagai pengumpul makanan bagi semua koloni termasuk ratu dan juga sebagai lebah yang bertugas untuk membersihakan dan merawat sarangnya.
Lebah pekerja menurut pekerjaannya dibagi menjadi 3 yaitu : Lebah perawat adalah lebah pekerja yang khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen dan madu. Lebah pencari adalah lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis. Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik, mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikannya kepada lebah pengumpul. Kemudian, lebah pengumpul pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut. Lebah pengumpul menghisap nektar dari bunga-bunga dengan lidah mereka yang panjang. Mereka hanya mengunjungi bunga dari spesies yang sama dalam satu putaran pengumpulan, untuk memastikan bahwa nektar yang dikumpulkan berasal dari satu sumber yang sama.
Lebah pekerja juga dapat dikelompokkan menurut masa kerjanyan yaitu : lebah pekerja rumah tangga yaitu lebah pekerja yang berumur 1-20 hari. Dan lebah pekerja lapangan yaitu lebah pkerja yang berumur 21 hari – 6 minggu.
·      Siklus Hidup Lebah

Lebah memiliki siklus hidup dan menjalani metamorfosis lengkap (Homometabola) sehingga terdapat 4 fase dalam kehidupan lebah yaitu : Telur yang menetas hal ini terjadi sekitar 1-3 hari kemudian telur akan menjadi larva. Pada tahapan ini, lebah pekerja akan memberi larva makanan berupa serbuk sari, nektar, serta madu tahap ini terjadi sekitar 4-9 hari. Sebagian nektar yang dikumpul oleh lebah pekerja disimpan sebagai madu. Setelah beberapa hari, larva berganti menjadi pupa, sekarang lebah memiliki mata, sayap, dan kaki. Lebih mirip seekor lebah, tahap ini terjadi selama 10 hari sampai 23, tergantung pada jenis lebah. dan seterusnya menjadi lebah dewasa yang siap melakukan tuganya tahap ini berlangsung pada umur lebah sekitar 16-24 hari tergantung pada jenis lebah itu sendri.
·      Manfaat Lebah
Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari dimanfaatkan tumbuhan untuk penyerbukan dan penyebaran serbuk sari. Dalam penyerbukan buatan tanaman tertentu, lebah dipelihara dalam kurungan berisi tumbuhan yang akan disilangkan. Madu yang dihasilkan lebah disukai oleh banyak hewan, khususnya beruang.
Manusia juga memanfaatkan madu sebagai makanan serta obat. Pemeliharaan lebah untuk diambil madunya telah dilakukan manusia sejak lama. Ilmu tentang lebah dan pemeliharaannya dikenal sebagai apiari. Usaha peternakan lebah juga disebut dengan nama tersebut.
Beberapa jenis lebah memiliki sengat yang sebetulnya bersifat fatal bagi dirinya. Sengat ini dimanfaatkan manusia dalam pengobatan serupa akupunktur yang dinamakan terapi lebah (apitherapy).
·      Kesimpulan

Lebah merupakan hewan berkoloni(meskipun tidak semua) yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia terutama adalah madunya yang sngat baik bagi kesehatan manusia. Dan juga lebah mempunyai manfaat sebagai sarana terapi dengan sengatnya. Kita juga bisa mencontoh kehidupan lebah yang sangat sosial dan sangat menghormati pemimpinnya. Dan selain itu kerja keras lebah dalam mencapai tujuannya dalam hal ini adalah madu, lebah bersusah payah untuk mencarinya dia mencarinya sampai dengan jarak 3 km dengan sayapnya yang kecil tersebut. Dan hal tersebut patut kita contoh dalam kehidupan kita dimana kita harus selalu berusha untuk mencapai cita-cita kita tanpa kenal lelah.
Nama          : Dika Prasetyo
No               : 15

Kelas           : X.2

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

2 komentar: