Teks Laporan Taman Laut (Aryo S.R.)

19.37 1 Comments

Teks Laporan
Taman Laut
Taman laut adalah seluruh keindhan makhluk hidup yang hidup di laut. Taman laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat indah dan berlimpah. Taman laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
          Terumbu karang di Taman Nasional di Indonesia khususnya di Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terpapar cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih tiga meter sampai lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih dan alami yang tidak terkena polusi.
Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan,seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, cakalang,lobster,dan Udang.
          Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut. Di Kabupaten Kepulauan Seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman pohon bakauRumput laut di sini sangat bervariasi, ada yang bulat seperti tabung,dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut. Semua dapat hidup karena dilindungi dan  selalu dipantau  perkembangannya.

          Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi,ekosistem laut dan ekonomi. Di samping itu, Taman Laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara,karimun Jawa dan Bunaken diMenado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.

Pernyataan umum
Taman Laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut dangkal. Taman laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat patut dijaga. Taman laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
Aspek yang dilaporkan
Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terpapar cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada tiga meter sampai kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih dan alami yang tidak terkena polusi.
Aspek yang dilaporkan
Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu,cakalang,lobster dan udang .
Aspek yang dilaporkan
Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut. Di  Kabupaten Kepulauan Seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman bakauRumput laut di sini sangat bervariasi, ada yang bulat seperti tabung,  dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut. Semua dapat hidup karena dilindungi dan  selalu dipantau  perkembangannya.
Aspek yang dilaporkan
Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, taman laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken diMenado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.


Nama         : Aryo Suluh Rudhito
NO             :7
Kelas          :X.2

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: