Teks Eksposisi Laut Indonesia Mendunia (Aryo S.R)

19.39 0 Comments

Teks Eksposisi
Laut Indonesia Mendunia
Pernyataan Pendapat
Indonesia merupakan negara yang memiliki laut yang sangat luas, sehingga kekayaan laut dan keanekaragaman biota laut yang dimiliki oleh negara Indonesia pastilah sangat banyak dan beragam dan menjadi salah satu icon Indonesia.

2. Argumentasi 1
Pertama, dilihat dari konfigurasi kepulauan Indonesia serta letaknya padaposisi silang yang sangat strategis, juga dilihat dari kondisi lingkungan serta kondisi geologinya, Indonesia merupakan tempat pertemuan tiga lempeng tektonik, sehingga wilayah Indonesia kaya akan kandungan sumber daya alam dasar laut dan mineral yang membuat tanah subur.

3. Argumentasi 2
Kedua, perairan Indonesia merupakan tempat melintasnya aliran arus lintas antara samudera Pasifik dan samudera Indonesia, sehingga Indonesia merupakan wilayah yang memegang peranan penting dalam sistem arus global yang menentukan variabilitas iklim nasional, regional dan global dan
berpengaruh terhadap distibusi dan kelimpahan sumber daya hayati yang terkandung di alam.

4. Argumentasi 3
Selain itu, kita bisa melihat keindahan bawah laut dan keanekaragaman biota laut yang dimiliki oleh Indonesia secara langsung. Misalnya, di laut Bunaken dan Raja Ampat. Bunaken memiliki banyak spesies terumbu karang yang berwarna-warni dan memiliki banyak spesies ikan yang beberapa diantaranya tidak dimiliki oleh laut lainnya. Lalu di Raja Ampat ada banyak spesies ikan, spesies terumbu karang, spesies penyu langka, dan spesies mamalia laut yang beberapa diantaranya hanya dapat ditemukan di Raja Ampat.

5. Pernyataan Ulang Pendapat
Terbukti bahwa perairan Indonesia yang begitu luas memiliki beraneka ragam biota laut dan panorama laut yang begitu indah. Oleh karena itu, Indonesia banyak dikunjungi oleh wisatawan asing yang ingin melihat keindahan dasar laut yang telah di ciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.






Nama         : Aryo Suluh Rudhito
NO             :7

Kelas          :X.2

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: