Teks Eksplanasi Narkoba Yang Merajalela (Intan F.S)

20.29 0 Comments

NAMA      : INTAN FILA SARI
NO           : 21
KELAS      : X.2
Teks Eksplanasi
Narkoba Yang Merajalela



Pernyataan Umum
Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.
1.Urutan Sebab-Akibat
Terlalu terbukanya sosial media untuk semua kalangan menyebabkan narkoba semakin marak di Indonesia. Sosial media sangatlah berperan di kehidupan ini. Karena melalui sosial media bisa terjadi jual beli secara online. Dan untuk jual beli itu tidak terbatas, apapun pasti ada di via online. Pemerintah juga kurang memperhatikan masalah jual beli via online yang sangat memprihatinkan ini. Narkobapun ikut mengisi situs jual beli online. Hal itu menyebabkan narkoba semakin mudah didapat di Negara Indonesia ini.
2. Urutan Sebab-Akibat
Mudah masuknya orang asing di Indonesia juga menyebabkan narkoba di Indonesia merajalela. Seharusnya pemerintah menangani masalah orang asing yang mudah masuk di Indonesia. Orang asing itu dengan mudah membawa pengaruh buruk terhadap masyarakat Indonesia. Meskipun orang Indonesia sendiri telah mengenal narkoba mulai dari dulu, namun dengan adanya pengaruh dari orang asing itu membuat orang Indonesia semakin tertarik menggunakan narkoba. Karena harga narkoba yang sangat ekonomis membuat obat yang satu ini digemari.

3. Urutan Sebab-Akibat
Kurang tegasnya hukum di Indonesia adalah sebab dari peredaran narkoba di Indonesia. Para gembong narkoba merasa masih aman mengedarkan narkoba di Indonesia. Mereka merasa aman karena Indonesia hanya diancam hukuman mati. Hukuman mati masih ditimbang-timbang dengan kesalahan yang mereka perbuat. Belum sepenuhnya mereka akan dihukum mati. Akibatnya para gembong semakin merajalela, mereka mengajak teman mereka untuk melanjutkan prostitusi narkoba dengan laba yang sangat menguntungkan sekali.
4. Urutan Sebab-Akibat
Kurangnya penjagaan dari petugas keamanan yang ada di lapas juga menjadi sebab utama narkoba masih ada dimana-mana. Para gembong narkoba bisa melakukan prostitusi narkoaba dengan teman mereka yang ada di luar lapas sana. Para gembong dengan mudah menghubungi temannya lewat via telephon yang ada di  dalam lapas. Dan kejadian seperti itu selalu aman karena tanpa diketahui oleh penjaga keamanan lapas. Seharusnya setiap lapas di Indonesia dilengkapi dengan alat perekam  yang digunakan untuk merekam setiap percakapan yang ada di telephon. Dengan demikian, prostitusi narkoba lewat dalam sel tidak terjadi lagi. Akibat dari prostitusi narkoba lewat dalam sel adalah tidak terdeteksinya para gembong lain yang ada di luar sel. Dengan begitu narkoba semakin mudah didapat di Indonesia. Bahkan melalui brownies dan roti kering yang dijual di via online kita sudah bisa mendapatkan narkoba.








                                                                   INTAN FILA SARI/21/X.2

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: