Teks Negosiasi (Sukma I.R)

Teks Negosiasi
Orientasi
Nasabah              : selamat pagi  pak…
Bank                      : Iya selamat pagi. Bisa kami bantu? (sambil mempersilahkan duduk)
Nasabah              : begini pak, saya ingin mengembangkan usaha saya dibidang wirausaha singkong, sehubungan dengan banyaknya singkong di desa-desa.
Bank                      : Lantas apa yang bisa kami bantu?
Permintaan
Nasabah              : keinginan saya tersebut berkendala pada modal, bisakah bapak meminjamkan modal kepada saya?
Bank                      : berapa modal yang bapak butuhkan?
Nasabah              : sekitar 50 juta pak. Itu nanti saya gunakan untuk membeli alat pemotong singkong, mesin giling, dan masih banyak lainnnya, dan saya juga sudah membuat beberapa produk dan saya jual ke pasar laku keras. Saya ingin membuat lebih banyak lagi farian makanan singkong, dan akan saya pasarkan ke seluruh Indonesia.
Bank                      : dengan modal segitu kira kira berapa omset perhari nya ?
Nasabah              : kurang lebih 7 juta perbulannya. dari olahan tape singkong, kripik singkong, pie singkong, brownies singkong dan olahan yang lainnya masih saya rundingkan.
Pemenuhan
Bank                      : Kalau begitu, bapak bisa membuat permohonan pengajuan pinjaman kepada pimpinan  bank sebesar 50 juta dengan bunga flat 14% pertahun, setelah di acc saya akan mengerjakan paket kredit bapak kurang lebih 1 minggu uang bisa cair dengan kketentuan cicilan dibayarkan sebulan sekali pokok dan bunga selama 2 tahun. Untuk kabar selanjutnya, nanti saya akan hubungii bapak ke nomer telepon yng bapak kasih. Bagaimana Pak?
Penawaran
Nasabah              : Bagaimana dengan agunan yang akan saya jaminkan?
Bank                      : untuk pokok hutang sebesar 50 juta sertifikat tanah yang bapak miliki sudah bisa mengcover
Penutup
Nasabah              : baik pak. Saya  tunggu konfirmasi secepatnya.
Bank                      : Iya pak. (sambil berjabatan)







Bank                      :  bukankah itu kurang pak untuk modal membuat olahan singkong? Sehubungan dengan banyaknya bahan pokok di pasaran yang naik dan naiknya alat-alat.
Nasabah              : tidak pak,untuk modal awal modal yang saya ajukan ini sudah saya pertimbangkan dengan bahan dan alat yang dibutuhkan nanti, karena olahan yang saya buat nanti tidak hanya satu macam olahan saja.
Bank                      : memangnya apa saja olahan yang akan bapak buat?
Nasabah              : saya ingin membuat tape singkong, kripik singkong, pie singkong, brownies singkong dan olahan yang lainnya masih saya rundingkan.
Nasabah              : iya Pak terimakasih, saya tunggu  kabar selanjutnya. Kalau begitu saya pamit dahulu.

Bank                      : iya Pak, sama-sama (sambil berjabat tangan)

(Sukma Ikhtiar R/34/X.2)

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: