Teks Eksplanasi Penyebab Banjir (Irna Y.)

03.59 0 Comments

Penyebab Banjir


Pernyataan Umum
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Urutan Sebab-Akibat
Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi  berkurang. Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran permukaan (run-off) di atas tanah dan sebagian meresap ke dalam tanah, yang tentunya bergantung pada kondisi tanahnya.
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya. Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman, debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis permukiman. Masalah kawasan kumuh dikenal sangat penting sebagai faktor sosial terhadap masalah banjir daerah perkotaan.
Urutan Sebab-Akibat
Kadang manusia atau masyarakat tidak memikirkan lingkungan nya mereka suka membuang sampah dimana saja bahkan masyarakat yang tinggal di tepi sungai dia suka membuang sampah nya ke dalam sungai dan akhirnya ketika hujan turun air tidak bisa mengalir dengan seharusnya dia tersendak karena tumpukan sampah yang di hasilkan oleh manusia dan air sungai pun meluap ke luar. Dalam jangka waktu yang panjang atau besarnya curah hujan selama berhari-hari juga akan menyebabkan meluapnya air sungai dan mengakibatkan banjir. 
Urutan Sebab-Akibat
 Pembangunan tempat pemukiman dimana tanah kososng diubah menjadi jalan atau tempat parkir yang menyebabkan hilangnya daya resap air hujan.  Pembangunan tempat pemukiman bisa menyebabkan meningkatnya resiko banjir sampai 6 kali lipat dibandingkan tanah terbuka yang biasanya mempunyai daya serap air tinggi.  Masalah ini sering terjadi di kota-kota besar yang pembangunannya tidak terencana dengan baik.  Peraturan pembauatan sumur resapan di daerah perkotaan kurang diawasi pelaksanaannya.
Bendungan dan saluran air yang rusak juga menjadi salah satu penyebab banjir walaupun tidak sering terjadi namun bisa menyebabkan banjir terutama pada saat musim hujan deras yang panjang.


Nama         : IRNA YUNIARFI

Kelas/no    : X.2/22

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: