Teks Eksposisi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia (Aziz K.S.)

08.14 0 Comments

KELEMAHAN PENDIDIKAN ISLAM
DI INDONESIA

1)    PERNYATAAN  PENDAPAT
                   PENDIDIKAN. Indonesia dengan masyarakat pemeluk agama islam terbanyak di dunia. Pendidikan di Indonesia selama ini kurang menaruhkan nafas nafas Islam didalamnya. Diantara nya terdapat kelemahan-kelemahan. Kelemahan-kelemahan yang sering mengemuka tentang pendidikan di Indonesia, ialah kualitas yang rendah, biaya yang tinggi, manajeman yang amburadul, salah kaprah dan lainnya, Memang dari segi kuantitas dunia pendidikan Indonesia menunjukkan peningkatan-peningkatan, namun kuantitas terkesan tidak diiringi dengan kualitas. Atas dasar itulah ada benarnya pengumuman lembaga dunia United Nation Deveplopment Program (UNDP) bahwa Human Development Index masyarakat Indonesia berada pada urutan ke-112 di bawah Vietnam.
2)   ARGUMENTASI I
Alasan yang sering dikemukakan oleh masyarakat bahwa pendidikan Indonesia selama ini belum mencapai kepuasan dan justru menimbulkan keprihatinan. Yaitu ialah terkait dengan tata cara dan pengawasan yang kurang. Misalkan dengan pendidikan karakter pendidikan masa kini, dengan adanya sistem K-13 apakah bisa membenahi karakter anak didik Indonesia secara menyeluruh? Itu menjadi PR besar untuk kita, khususnya kepada jajaran tinggi bangsa. Kita seharusnya tergerak dalam keinginan kita untuk memajukan bangsa ini dengan membenahi sistem dan kinerja pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan memberi ilmu-ilmu positif kepada anak kecil, memberi nasehat kepada sesama apabila ada kesalahan, memberi saran yang terbaik kepada orang lain jika ada permasalahn, dan kita harus berperilaku yang positif, sopan santun dan keramahan agar terjaga semua jaring-jaring kemasyarakatan dan tidak menimbulkan perpecahan dan perselisihan.
3)   ARGUMENTASI II
Kedua, bangsa Indonesia adalah bangsa yang dikenal dengan keramah tamahannya. Apakah kita sudah merasa puas dengan pernyataan seperti itu?. “Padahal” dalam negeri kita sendiri terjadi banyak perpecahan dan keributan mengeai hak yang seharusnya dapat diatasi dengan kekeluargaan. Apakah itu yang dinamakan ramah tamah? Apakah itu yang dinamakan orang yang berpendidikan  islam?. Perlu kita benahi lagi keadaan kita sebagai bangsa Indonesia. Kita terlalu sibuk memikirkan anggaran pengeluaran dan pemasukan tapi kita tidak memperlihatkan tentang sumber daya pengajaran. Apa nyang terjadi? Kita hanya mebuang-buang duit saja, tetapi? Pengaruh pendidikan kurang. Pemerintah harus segera membangun kembali puing puing dan pondasi yang kuat untuk pendidikan dan peradaban yang baik. Dan perlu dibenahi lagi dari permasalahan yang paling kecil.
4)   PERNYATAAN ULANG PENDAPAT

Berdasakan argumen-argumen tersebut, kita dapat mengerti dimana kekurangan dalam pendidikan Indonesia sebenarnya dikatakan masalah yang rumit. Pendidikan Indonesia hanya mementingkan keadaan luarnya saja tetapi keadaan dalam sangatlah terpuruk. Maka dari itu mari kita sama-sam membangun karya membangun pondasi agar bangsa kita tidak semakin terpuruk. Pendidikan diarasa baik karena adanya sosok guru yang luar biasa. Untuk itu kita perlu tingkatkan lagi dan menghasilkan/memilih secara intelegensi yang tinggi untuk memilih guru yang sangat baik dan bisa dijadikan panutan yang sesuai. Selain itu juga diperhatikan secara khusus kepada objek yang dituju oleh pendidikan yaitu murid. Guru harus bisa memberi banyak pengaruh kepada murid. Sehingga tercapailah sudah impian bangsa ini yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa”. Kita majukan bangsa dengan pendidikan yang islami bukan dengan pendidikan berani.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: