Teks Eksposisi Lebah (Dika P.)

06.30 2 Comments

Teks Eksposisi
Lebah Akan Menjadi Hewan Ternak yang Paling Menguntungkan.

Lebah Akan Menjadi Hewan Ternak yang Paling Menguntungkan.
TESIS
Lebah adalah hewan yang termasuk dalam suku atau familia Apidae( Ordo Hymenoptera )  dan juga masuk dalam kelompok Insecta yaitu kelompok untuk para serangga, namun jangan remehkan lebah ini. Meskipun bertubuh kecil mereka mempunyai manfaat yang begitu bnyak dari mulai sarangnya hingga sesuatu yang mereka hasilkan yaitu madu dan semua itu dapat menghasilkan nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sehingga menjadi bisnis dengan prospek yang sangat menguntungkan dan menggiurkan bagi banyak orang.
ARGUMENTASI
Lebah mmempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi manusia dan memunyai harga yang lumayan menguntungkan. Mulai dari madu yang dihasilkan oleh lebah. Madu yang dihasilkan oleh lebah sangat berguna bagi kesehatan manusia karena mengandung natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang ada dalam madu adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K. Sedangkan enzimnya adalah enzim diastase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase, dan lipase. Yang semuanya itu mempunyai peranan sangat penting bagi tubuh dan semua materi atau zat tersebut sangat mudah diserap bagi tubuh. Dengan manfaat yang begitu besar maka orang tidak akan ragu untuk membeli madu yang dihasilkan oleh lebah ini, mereka akan rela membayar tinggi demi madu yang berkualitas. Dengan harga rata-rata madu dengan kualitas sedang yang banyak kita temui di toko-toko sekitar RP 86.000,00 per kg dengan masa panen sekitar 15 hari sekali. Dan harga madu termahal dengan kualitas bagus sekitar RP 744,2 juta. Tentu dengan jumlah penghasilan seperti itu akan menjadi bisnis dengan prospek yang sangat menjanjikan.
Selain menghasilkan madu, lebah juga menghasilkan bee pollenyang tentunya juga sangat berguna bagi tubuh kita. Diantaranya sebagai obat mengobati radang sendi, rematik, varises dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan kandungan dari bee pollen sebagi berikut 18 asam amino, lebih dari 12 vitamin, 28 mineral, enzim dan koenzim yang tidak terhitung jumlahnya, 14 asam lemak penting, 11 karbohidrat, dan 25%-35% dari beratnya merupakan protein. Dengan manfaat yang begitu banyak orang akan membelinya karena desakan kebutuhan akan manfaatnya yang sangat banyak, dengan harga rata-rata mencapai RP 190.000,00. Dengan  harga seperti itu tidak diragukan lagi bahwa bee pollen menjadi ajang bisnis yang menjanjikan.
Lebah juga menghasilkan royal jelly. Royal jelly adalah makanan ratu lebah sejak berupa larva hingga seumur hidupnya menjadi ratu. Berupa cairan putih kental yang dikeluarkan dari kelenjar lebah madu muda yang mengkonsumsi madu dan bee pollen. Royal jelly sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung  66,05% substansi pelembab, 12,34% protein, 5,46% lemak, 2,49% substansi tereduksi, 0,82% mineral, asam lemak esensial, acetylcholin dan masih banyak lagu zat-zat yang terkandung di dalam royal jelly. Dengan kandungan yang begitu banyak dan sangat bermafaat bagi tubuh tersebut orang-orang akan sangat membutuhkan royaljelly tersebut. Dengan harga royal jelly yang mencapai lebih dari RP 100.000,00, dan dengan antusiasme masyarakat yang besar hal ini dapat menjadi keuntungan dan bisnis yang sangat menuntungkan.
Selain itu lebah juga menghasilkan propolis.  Propolis adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Propolis mengandung bioflavanoid, semua vitamin kecuali vitamin K, semua mineral kecuali Sulfur, 16 rantai asam amino essential. Yang semuanya itu sangat berguna bagi metabolisme tubuh manusia bisa menjadi anti biotik, dan menjadi anti peradangan alami. Dengan manfaatnya sebagai antibiotik propolis dapat mengobati berbagai penyakit mematikan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Dan dengan harga RP 10.000,00 hal tersebut bisa menjadi alternatif untuk mengobati penyakit dengan cara alami dan dengan harga yang terjangkau. Dan tentunya bisa dijadikan menjadi bisnis yang mempunyai pangsa pasar yang sangat banyak, dan otomatis akan menjadi bisnis dengan keuntungan yang sangat menggiurkan bagi para pengusahanya.
Lebah juga menghasilkan lilin lebah yang biasa dikenal dengan beeswax. Lilin lebah digunakan oleh lebah untuk membuat sarangnya. Lilin lebah ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku kosmetik, anti radang, antiksidan, bahan baku obat-obatan, dan lain-lain. Lilin lebah mempunyai banyak manfaat karena mengandung hidrokarbon jenuh, hidrokarbon tak jenuh, kolesterol, beberapa mineral, ester, alcohol monoester. Dan bahan-bahan olahan yang berasal dari beeswax harganya mencapai               RP 100.000,00 dan tentunya akan menjadi bisnis yang sangat menggiurkan dan juga dapat mendatangkan banyak sekali laba.
Selain manfaat lebah yang disebutkan diatas masih banyak lagi manfaat-manfaat lainya dari lebah. Sebagai contoh rumah lebah dan larva lebah dapat dijadikan bothok atau makanan lainya yang sangat lezat, sehingga tidak ada bagian dari lebah yang terbuang sia-sia. Dan juga rumah lebah daat dijadikan sebagai makanan pembuka atau bahkan dapat dijadikan sebagai sup yang sangat lezat. Selain itu sengat lebah dapat juga digunakan untuk terapi pengobatan dan dapatmengobati berbagai penyakit. Semua hal tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang beripat-lipat jika semuanya dapat dikelola dengan benar dan tepat.
PENEGASAN ULANG PENDAPAT

Dengan manfaat yang sangat banyak dan juga harga dari produk-produk yang berbahan dasar bagian-bagian dari lebah maupun hasil atau produk yang dihasilkan oleh lebah mempunyai harga yang mahal. Dan hal tersebut yang dapat menjadikan lebah menjadi komoditi yang sangat menguntungkan untuk dibudidayakan maupun dimanfaatkan. Dan hal tersebut dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda bagi yang membudidayakannya. Orang-orang akan tertarik karena laba yang dihasilkan begitu besar dan lebah akan menjadi hewan ternak atau hewan budidaya yang paling menguntungkan dalam kelasnya.
Nama          : Dika Prasetyo
No               : 15

Kelas           : X.2

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

2 komentar: